Oleh: be sang pendaki | Februari 22, 2012

Profil Dewan Penggalang Romundo

PROFIL DEWAN PENGGALANG (DP)

  1. A.  SEJARAH LAHIRNYA DEWAN PENGGALANG

Dewan Penggalang (DP) Romundo merupakan program pembaharuan dari kegiatan kepramukaan yang ada pada Gudep 12-69.12-70 yang berpangkalan di MTs. Ma’arif NU roudlotul Mubtadiien Blondo Kab. Magelang. DP berdiri sebagai wujud dari  tekat dan perjuangan untuk memajukan kegiatan pramuka sekaligus sebagai tapak tilas bagi siswa-siswi  di MTs Romundo dari perjalanan panjang kegiatan Pramuka dari awal berdirinya Madrasah hingga sekarang.

Seiring dengan perkembangan kegiatan kepramukaan yang sangat dinamis terutama di beberapa sekolah yang menjadi unggulan, maka tanpa terasa kegiatan di MTs. Romundo lambat laun semakin tersisih dan pada kenyataannya mengalami ketertinggalan dari sekolah-sekolah lain. Maka dengan berbagai pertimbangan oleh beberapa pihak yang berkompeten dengan kegiatan pramuka di MTs. Romundo, akhirnya dari keanggotaan dewan pembina pramuka MTs. Romundo mengadakan pertemuan yang bertujuan untuk mereformasi kegiatan pramuka, baik dari segi tekhnik dan sistem kegiatannya. Maka mulai tahun pelajaran 2009/2010  proses penggodokan dan penyeleksian mulai dilakukan kepada siswa kelas VII dan Kelas VIII. Tahapan proses penyaringan ditekankan pada penguasaan materi kegiatan yang didukung dengan kemampuan fisik  dan mental yang kuat, dengan tujuan untuk mempersiapkan kader-kader yang handal dan berwawasan kedepan yang mampu memposisikan dirinya untuk memobilisasi kegiatan Pramuka di MTs Romundo.

Adapun selama proses kegiatan pengkaderan berlangsung, terjadi berbagai halangan dan rintangan yang datang baik dari luar maupun dari dalam peserta itu sendiri. Tetapi dengan kesabaran dan rasa optimis yang dilandasi dengan semangat patriotisme, proses pengkaderan berhasil diselesaikan yang menyisakan 18 anggota yang secara fisik dan mental telah siap sedia untuk diajak berjuang dan membaktikan diri demi kemajuan Madrasah dibidang kepramukaan. Yang akhirnya dengan  rahmat  Allah Yang Maha Kuasa  dan dengan usaha keras maka lahirlah DEWAN PENGGALANG pada tanggal 28 maret 2010 PERIODE I PEMBAHARUAN yang dipelopori oleh kak Bagus Muryanto dengan semua pembina pelaksana yang masih  setya menemani kak Bagus diantaranya adalah Kak Didik Wirawan (Bantara dari MA Borobudur) dan  Kak Rifqi Musyafak (Bantara dari SMK YK Magelang.

Kegiatan seremonial dan pelantikan anggota Dewan Kerja Penggalang dilaksanakan di Bukit Rhema, Kec. Borobudur, yang sebelumnya dimulai dari proses uji fisik dengan metode jalan kaki/hiking sepanjang sekitar 7,5 km.  Start di mulai dari lapangan Pondok Tingal melintasi wilayah candi Borobudur, persawahan, pedesaan hingga akhirnya sampai puncak bukit Rhema. Malam harinya dilakukan uji mental dengan metode pencarian tanda kecakapan seorang diri yaitu berupa kaos kebesaran dan topi khusus anggota Dewan Kerja Penggalang.  Sejak proses pelantikan selesai itulah babak baru kegiatan pramuka MTs Romundo dimulai. Tanpa harus menunggu lama atau kurang lebihnya empat bulan, Kwaran Mungkid mengadakan kegiatan perlombaan PERSARI yang diikuti seluruh SMP Negeri dan 3 SMP/MTs Swasta se-Kecamatan Mungkid, dan pada kenyataannya MTs. Romundo berhasil meraih posisi Juara II putri dan Juara III putra.

Dalam kelanjutanya Dewan Kerja Penggalang mulai mengepakkan sayapnya dengan berbagai kreatifitas dan inovasinya. Salah satunya yaitu Dewan Kerja Penggalang Romundo dipercaya untuk membantu memajukan pramuka diberbagai sekolah, diantaranya yaitu di MTS Ma’arif 2 Sawangan, SD N 2 Treko, SD N Ambartawang, MI Ma’arif Ambartawang, SDN 1 Bumirejo, SDN 2 Bumirejo, dan MI Ma’arif Danurejo.

  1. B.  NAMA DAN LAMBANG DP

–       Nama DP

Nama sebuah organisasi merupakan cerminan dari eksistensi dan program yang dijalankannya, termasuk didalamnya dari segi SDM, materi kegiatan dan metode pelaksanaannya. Oleh sebab itu untuk mencapai tujuan kegiatan Dewan Penggalang dan sebagai cerminan dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari, maka Dewan Penggalang Romundo diberi nama “KUSUMA BAKTI SUMAPALA”. Kusuma atau nama lainnya Puspa mempunyai arti sebuah bunga atau kembang yang indah dan harum baunya, Bakti berarti Manusia yang rela berkorban untuk berjuang demi kepentingan umum,  dan Sumapala berarti manusia yang rendah hati. Tujuan dari Dewan Penggalang memberi nama “Kusuma Bakti Sumapala” adalah untuk menjadikan anggota pramuka Gudep 12.69-12.70 yang berpangkalan di MTs. Ma’arif NU 01 Roudlotul Mubtadiien Blondo sebagai pribadi yang mempunyai nama harum dimata orang lain, yang disebabkan oleh tanggung jawab dan semangatnya dalam mendharma baktikan dirinya demi kepentingan umum tanpa mengharap imbalan berbentuk apapun, terutama kepentingan bangsa dan Negara, namun tidak meninggalkan kepribadiannya dalam keseharian yang tetap rendah hati dan selalu bersahaja.

–      Lambang DKP

Lambang DP Romundo

Laskar DKP Romundo

LASKAR ROMUNDO PERIODE 1 PEMBAHARUAN 2010

PERSAHABATAN…………………….

SEBUAH MAKNA YANG BEGITU BERHARGA..

TERPANCAR DARI SINAR MATA YANG BERGELORA……

TERTANAM DALAM HATI BAGAI DITAMAN BUNGA NAN BERCAHAYA

HANYA SAHABAT …MAKNA SEJATI YANG ADA DALAM SISI KITA…

DAN HANYA SAHABAT SEJATI YANG SELALU MENGHIASI

PERSAHABATAN…………..?

SAHABAT ITU SEPERTI BINTANG…………….

MESKIPUN JAUH DIA TETAP BERCAHAYA……………

MESKI KADANG MENGHILANG ,  DIA TETAP ADA

TAK MUNGKIN DIMILIKI,

TAPI TAK BISA DILUPAKAN……..

SELALU ADA………… SAMPAI KAPANPUN……….

PERSAHABATAN……………?

SAHABAT BUKANLAH MATEMATIKA… …….

YANG DAPAT DIHITUNG NILAINYA….

SAHABAT BUKANLAH EKONOMI… …….

YANG MENERAPKAN MATERI……

SAHABAT BUKAN PULA PKn….

YANG DITUNTUT OLEH UNDANG-UNDANG….

TAPI SAHABAT ADALAH SEJARAH…..

YANG DAPAT DIKENANG SEPANJANG MASA……

OLEH KARENANYA..NIKMATI DAN HORMATILAH

KEBERSAMAAN INI ….JADIKANLAH SEBUAH KISAH KLASIK

UNTUK MASA DEPAN……………………..

1. pAK bE……………………………………..pEMBINA uTAMA

Pembina  utama Pramuka

“LASKAR ROMUNDO” ,

Beliau sangat well dalam

menjalankan  kegiatan,

ambisi besarnya …………..?

menjadikan regunya menjadi

yang terbaik , menuju masa

kejayaan almamater ROMUNDO  yang disegani dimata

sekolah lainnya maupun masyarakat.  Penyuka klub

sepak bola PERSEDUK yang hoby naik gunung, tak akan

kalah untuk lomba naik gunung  dengan siapapun.  Kalo

gak percaya coba saja buktikan .  Tapi beliau mempunyai

sifat yang menonjol yaitu  sifat baik hati dan tidak

sombong.  Makanya Ia terkenal alim dan rendah hati.

2. kAK dIDIK……………….. Pembina Pelaksana

Kak Didik : Pembina Pelaksana

yang bernama lengkap  Didik

Wirawan Alfianto  Rohmanu

Ismakulata .

Panggilan kesayangannya

adalah  Kak Didik, itu kalo’

siang , kalo malam Kak Titik..

Beda lagi kalo’

di Facebook  yang  sering

dipanggil  paijo, keren kan ?

Memang kak Didik keren,…

leat aja fotonya  kaya artis

terkenal  Tukul Arwana … ya toh !!!

Dia senang kalo’ diajak berpetualang, apalagi naik gunung. Hanya saja dia penakut kalo’ leat ketinggian  yah jadinya  lom pernah ngrasain dipuncak gunung…. Impian dalam hidupnya yang belom kesampean adalah  mengendarai vespanya pak Hajir.  Pengalaman hidup yang setil banget  pas ikut tour Romundo ke Semarang  dia tidur di Bus diatas jok paling belakang  dg mulut terbuka  dan sempat diabadikan oleh Kak Bhe. Siapa yg mao leat bisa hubungi Kak Bhe

Kalo’ mau dolan kerumahnya hubungi dulu nomornya karena dia jarang dirumah. Ni nomornya : 085729327214

3. Kak Deny………………………..PP

Nama lengkapnya Deny Dwi

Prasetyo:  Dwi berarti dua,

Prasetyo artinya kesetiaan, dan

Deny artinya medeni. Jadi ya..

Istilahnya dia setiya pada dua

Hal yang medeni, yaitu tuyul

Dan dedemit, hahahahah……..

Hobynya sih makan mie ayam

Apalagi kalo’ ayamnya ada

balung-balungannya waw dia

Sangat amat suka sekali………….

Dia tinggal di dusun terpencil yang tidak asri bangettt?????

Namanya dusun tirto yang berarti air….makanya kalo’ kesana mesti dimana-mana ada air, didepan rumah, dibelakang, disamping, diatas dan bawah air selalu ada……..

Cita-citanya pengen jadi pembalap, makanya ia saat ini sangat suka balapan dan alhamdulillah dia punya prestasi yang sangat membanggakan. Dia juara I tingkat Nasional

Lomba jatuh dari sepeda, juara II Asean lomba ndorong sepeda kehabisan bensin. Dan dia bisa di-hape-ni di nomor

Yang tidak cantik : 085729450527

4. Kak Rifqi “Pedro” Musyafaq……………………PP

Nah.. Ini adalah seorang

Punker, tapi kelas bebek cause

Ngakunya punker sejati kok bila

dimarahi maknya masih suka

mewex. Lagian masih sering

takut bila malam jalan sendiri..

Alasannya takut ama rohnya

Lek limi yang mati gantung diri

Padahal sebetulnya ya jirih tadi.

Itulah si Muhammad Rifqi

“”surif”” Pedro Musyafaq,

putra tertua dari  Pak Suyadi

Dan mak ngadah………  dia yang

Juga punya keistimewaan jari

Tangan kanannya Cuma 4 jari mempunyai  cita-cita dan keinginan sebagai pembalap onthel. Minimal menang dengan Ayuk Nabila dan Dina Salsabila. Pengalaman berharga saat menjadi vokalis band bentukannya sendiri bernama  “ARMED BAND”  pokoknya sangar deh, sampai kak Bhe terkagum kagum ama penampilannya. Terlebih lagi dengar suaranya yang khas “ngglamber-ngglamber” wes pokoke siup lah!!!!! Kalo mau ngebon bandnya hubungi saja nomor xl-nya  081903899166, tapi sayangnya dia di kepramukaan Romundo pensiun dini………..

5. Kak Dody………………………………….PP

Ciaaaaaaat… sate kambing

Disikat. Hap…. Jurus kungfu

Milik Jacky Chan yang ndilalah

Bisa diabadikan ini diperagakan

Saat  di sabana deket puncak

merbabu. Ceritanya dia mau saingan

Sama  Jet Lee. Dia adalah seorang yang

Sangat ahli dibidang pengkomputeran… cita-citanya gak akan pernah kesamapaian sebagai polwan, karena dia seorang laki-laki…..Saat ini dia tinggal sangat damai dirumahnya, tapi jangan sekali-kali kalian apalagi cewek menyakiti hatinya…karena dia adalah seorang yatim piyatu, bisa kualat you know?????? Namun dia orang yang sangat baik, suka ngebantu orang lain yang butuh pertolongan.  Mau minta tolong tinggal koling 08562583369

Ditanggung jika ingin  dianterin sekolah atawa ke warnet  pasti deh dianter…………kalo sempat!!!!

6. Kak Mizan ………………………………….PP

Panggilan akrabnya  yoiku

Gembul….., jago bongkar

Pasang onderdilll sepeda

Motor.  Jago pula dalam

Hal  bikin sepeda ngebut..

Kak Didik tak akan pernah

bisa menyalipnya. Dia

Sudah begitu kenyang  dg

Nguthek-uthek ranmor

Sepeda motor kesayangan

Nya selalu dibawa kemanapun dia pergi.Ke puncak gunung

Pun dibawa walau harus  diangkat kayak bawa keranjang wae.  Ayahnya mantan presiden Amerika bernama “BUS” tapi gak pake George , ndak dikira orang kota tow.  Setelah gak jadi presiden ya kini jadi Insinyur persawahan. Masalah cita-cita dari kecil pengen jadi tentara  karena dulu dia trauma mau dimasukin kedalam karung. Tiap ketemu orangnya yang mau masukin ke karung dia pasti lari terbirit-birit  hahahahaha….

7. Anggota DP periode 1

a. Alwi Sodikin

Nama  : Alwi Sodikin

TTL  : Mgl, 2 Febr. 1997

Alamat  : Srikuwe

Jabatan  : Sie Humas DKP

Agama  : 100% Islam

Kesan  : Saya sangat senang bisa bersekolah di MTs      Romundo karena ada kegiatan Pramuka yang   sangat mengasyikkan. Dan saya senang karena   bisa terpilih sebagai Dewan Penggalang

Pesan  : Semoga kegiatan di MTs Romundo khususnya   dalam Prmauka lebih maju dan bisa menjaga   nama baik sekolah dan nama baik seluruh   Dewan Penggalang

b. Fitriana

Nama  : Fitriana

TTL  : Mgl, 17 Juli 1995

Alamat  : Trikayan, Bumirejo

Jabatan  : Sie Giat DKP

Agama  : Islam

HP  : 085643377308

Kesan  : Saya bersyukur karena saya menjadi anggota      regu Dewan Penggalang dan saya sangat senang   dengan organisasi di sekolah ini, terutama   Pramuka

Pesan  : Semoga kegiatan organisasi yang ada di MTs   kita ini lebih amju dan lebih baik. HIDUP   ROMUNDO

c. Emawati Rodhiyah

Nama  : Emawati Rodhiyah

TTL  : Bndg, 19 Juli 1995

Alamat  : Blabak, Mungkid

Jabatan  : Kerani 2  DKP

Agama  : Islam

HP  : 089672021838

Kesan  : Sungguh saya merasakan kesan yang mendalam dengan adanya regu Dewan Penggalang dan saya sangat enjoy dengan organisasi di sekolah ini, terutama   Pramuka

Pesan  : Semoga kegiatan pramuka dan yang lainnya di Romundo bertambah maju, ok !!!

d.  Agus Muhammad Irsad

Nama  : Agus Muhammad Irsad

TTL  : Mgl, 30 Agustus 1996

Alamat  : Kauman, Blondo

Jabatan  : Sie Humas DKP

Agama  : Islam

HP  : 081903996721

Kesan  : Mengingat sungguh berat menuju puncak keanggotaan DP dan akhirnya saya berhasil melalui seluruh rintangan, sahdu rasanya hati ini…

Pesan  : Ayo kita bersama-sama memajukan kegiatan kita, Hidup Romundo !!

e. Fian Yuniani

Nama  : Fian Yuniani

TTL  : Mgl, 1 Juni 1996

Alamat  : Srikuwe, Ambartawang

Jabatan  : Sie P3K DKP

Agama  : Islam

HP  : 085643726829

Kesan  : Masa-masa yang tak akan kulupakan adalah sewaktu menuju keorganisasian DP, sangat berat namun penuh kenangan

Pesan  : Semoga pramuka terus maju dan kita adalah tonggak menuju kemajuan yang harus selalu dijaga oleh generasi berikutnya, OK!!…

f. Ahmad Ikhsanudin

Nama  : Ahmad Ikhsanudin

TTL  : Mgl, 14 Juli 1995

Alamat  : Srikuwe, Ambartawang

Jabatan  : Provost DKP

Agama  : Islam

HP  : 085879836929

Kesan  : Saya bangga ikut membantu memajukan pramuka Romundo, tanggung jawab ini akan saya pelihara sepenuhnya karena aku sangat mencintai pramuka

Pesan  : Semoga kita tidak lekas bosan dengan pramuka demi kemajuan romundo dan kita sendiri

g. Haryanti

Nama  : Haryanti

TTL  : Mgl, 29 Desember 1995

Alamat  : Srikuwe, Ambartawang

Jabatan  : Sie PU DKP

Agama  : Islam

HP  :

Kesan  : Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya memang luar biasa, hehehe. Pramuka romundo emang bikin bangga!

Pesan  : Mari kita jaga kemajuan pramuka dan tingkatkan grafiknya menuju kejayaan, romundo yessss..

h. Lukman Ahmad

Nama  : Lukman Ahmad

TTL  : Mgl, 17 April 1995

Alamat  : Kalitan, Blondo

Jabatan  : Sie PU DKP

Agama  : Islam

HP  :

Kesan  : Tidak ada kata yang lebih indah selain  “SAHDU” , itulah gambaran dalam keanggotaan DP romundo

Pesan  : jagalah kesyahduan kegiatan pramuka selama romundo berdiri, hebat!!!!???!!

i. Muhammad Solihin

Nama  : Mamad Solihin

TTL  : Mgl, 30 Maret 1995

Alamat  : Badran, Treko

Jabatan  : Sie Outbond DKP

Agama  : Islam

HP  : 082135223412

Kesan  : Tak terpikir sebelumnya bila kisah ini menjadi bagian dari diriku. Bersama teman2 di DP menjalani kisah yang penuh dengan kenangan dan rasa kekeluargaan.

Pesan  : jika kita telah habis masanya, untuk adik2 periode selanjutnya  mohon untuk dipertahankan sekaligus ditingkatkan kemajuan pramuka romundo, jayalah romundo…..

j. Nurul Chafsoh

Nama  : Nurul Chafsoh

TTL  : Mgl, 7 Oktober 1995

Alamat  : Kalitan, Blondo

Jabatan  : Waka DKP

Agama  : Islam

HP  : 085747257784

Kesan  : bila mengingat saat dibukit, ingin rasanya teriak sekuat2nya, tak kusangka aku berhasil walau dirasa mustahil, hal ini menginspirasiku jika kita yakin akan usaha kita pasti akan berhasil

Pesan  : tingkatkan lagi kualitas pramuka romundo, semoga generasi penerus yg akan datang bisa melanjutkan kiprahnya, diatas langit masih ada langit…

k. Isnaini Mukaromah

Nama  : Isnaini Mukaromah

TTL  : Mgl, 20 Mei 1996

Alamat  : Srikuwe, Ambartawang

Jabatan  : Sie giat DKP

Agama  : Islam

HP  :

Kesan  : Saya bersyukur dan bangga dapat ikut serta menjadi bagian dari anggota DP untuk meningkatkan kegiatan pramuka di romundo

Pesan  : Semoga kegiatan ini akan selalu dikenang karena kemajuan dan kekompakan disetiap periodenya, romundo memang OK !!

l. Rifqi Nurkholis

Nama  : Rifqi Nurkholis

TTL  : Mgl, 23 Desember 1995

Alamat  : Kalitan, Blondo

Jabatan  : Ketua DKP

Agama  : Islam

HP  :

Kesan  : Walaupun saya termasuk yunior karena DP lainnya diatas kelas saya, namun saya bangga bisa menyatu dengan regu senior menjadi satu kesatuan dalam mengembangkan kegiatan pramuka romundo

Pesan  : Jangan selalu berkecil hati untuk membantu memajukan pramuka romundo

m. Sofina Fuadiya

Nama  : Sofina Fuadiya

TTL  : Mgl, 2 Juli 1995

Alamat  : Srikuwe, Ambartawang

Jabatan  : Sie P3K DKP

Agama  : Islam

HP  :

Kesan  : Saya tidak menduga bisa terpilih untuk mewakili menjadi anggota dp yang bertujuan untuk mengembangkan program madrasah dibidang kepramukaan, rasa syukur ini akan kujadikan momentum untuk selalu membantu kegiatan di romundo

Pesan  : Semoga romundo tambah maju dengan berbagai kegiatannya

n. Maria Ulfa

Nama  : Maria Ulfa

TTL  : Mgl, 30 Maret 1996

Alamat  : Cebongan Kidul, Mty

Jabatan  : Kerani 1 DKP

Agama  : Islam

HP  : 087719178876

Kesan  : rasa bahagya bercampur haru setelah berhasil melewati ujian di rhema, sungguh kisah klasik yang sukar untuk dilupakan.

Pesan  : setelah melalui ujian fisik dan mental, semoga siap untuk selalu membantu perkembangan romundo. generasi berikutnya  kuharapkan bisa mengikuti jejak kami……

o. Wenny Dwi Susanto

Nama  : Weni Dwi Susanto

TTL  : Mgl, 26 Juli 1996

Alamat  : Tempakan, Senden

Jabatan  : Sie P3K DKP

Agama  : Islam

HP  :

Kesan  : walaupun aku termasuk anak pendiam,, namun dibidang kepramukaan aku termasuk yang berhasil melalui ujian. Rasa syukur akan aku tuangkan dalam bentuk semangat dan bantuan dalam memajukan romundo tercinta

Pesan  : Semoga kita bisa selalu melewati rintangan yang siap menghadang kita dalam memajukan romundo

p.Ahmad Yeni Rohman

Nama  : Ahmad Yeni Rohman

TTL  : Mgl, 24 Juni 1996

Alamat  : Srikuwe, Ambartawang

Jabatan  : Sie PU DKP

Agama  : Islam

HP  :

Kesan  : Saya bersyukur dengan menjadi anggota DP dapat membantu perkembangan kegiatan Romundo

Pesan  : Semoga kegiatan di Romundo tambah maju, hahahaha

q. Ikhsanudin

Nama  : Ikhsanudin

TTL  : Mgl, 10 Agustus 1995

Alamat  : Dukuh, Bumirejo

Jabatan  : Tekpram DKP

Agama  : Islam

HP  : 087719223310

Kesan  : Saya bersyukur karena bisa ikut membantu jiwa dan raga dibidang kepramukaan romundo dengan menjadi anggota DP romundo

Pesan  : Semoga kegiatan ini dapat dipertahankan sampai kapanpun..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: